Minggu, 10 Mei 2015

Aplikasi Program Komputer dalam Pembelajaran Fisika


 
Sumber Belajar : Segala sesuatu - baik yang sengaja dirancang maupun yang telah tersedia - yang dapat dimanfaatkan - baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama -- untuk membuat atau membantu peserta didik belajar.

Komponen Sumber Belajar :
1.   Pesan : Pelajaran/informasi yang diteruskan  oleh komponen lain dalam bentuk ide, fakta, arti, data, dan lain-lain.
2.      Orang : Manusia sebagai penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan.
3.    Bahan : Sesuatu yang mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunaan alat ataupun oleh dirinya sendiri.
4.     Alat : Sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan di dalam bahan.
5.   Teknik : Prosedur rutin atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan bahan, peralatan, orang, dan lingkungan untuk menyampaikan pesan.
6.     Lingkungan : Situasi sekitar atau tempat di mana pesan diterima.

Apa itu Media Pembelajaran?

  • Media : Medium = Perantara

  • Media komunikasi :  perantara penyampai pesan/informasi

  • Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampai-kan materi pembelajaran

Kontribusi media dalam proses pembelajaran:
- Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
- Pembelajaran dapat lebih menarik
- Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
- Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek 
- Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
- Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
- Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
- Peran guru berubah kearah yang positif
Sumber : (Kemp and Dayton, 1985)

Perkembangan Media :
1.      Generasi Pertama  : Cetak
2.      Generasi Kedua    : Radio/Audio
3.      Generasi Ketiga    : Televisi/Video
4.      Generasi Keempat : Komputer/Jaringan
Jenis Media Pembelajaran :
- Cetak
- Transparansi
- Audio
- Slide Suara
- Video
- Multimedia Interaktif
- ICT

Definisi Multimedia:
Kombinasi berbagai macam media (teks, audio, animasi, video, simulasi) dalam suatu paket di mana berbagai media saling bersinergi dalam menyampaikan informasi secara optimal.
Interaktivitas dalam multimedia pembelajaran:
Ò  Interaktivitas dalam multimedia lebih menonjol dibandingkan media lain
Ò  Interaktivitas meliputi interaktivitas mental dan fisik
Ò  Multimedia pembelajaran memiliki kecenderungan kuat untuk mendorong pengguna melakukan interaksi dengan komputer
Pemanfaatan multimedia pembelajaran:
Ò  multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas.
Ò  multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri
Ò  multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran
Perubahan Pendidikan:

Konvensional
Dengan komputer
-Lebih manusiawi (ada dosen untuk memotivasi)
-Tidak dapat memenuhi kebutuhan Perorangan
-Bahan ajaran tetap
-Hanya tergantung pada siswa
-Tidak tergantung waktu
-Penyiapan materi lama

Aplikasi Non Pengajaran:
1.     CMI (Computer Managed Instruction) : Belajar dengan dikelola komputer
Contoh : perencanaan kuliah, belajar, ujian., komputer langsung memantau kegiatan dan prestasi mahasiswa.
2.     CAT (Computer Assisted Testing)  : Ujian berbantuan komputer
¯  komputer digunakan sebagai penganti kertas ujian
¯  komputer dimanfaatkan untuk menggali  kemampuan melalui tanya jawab secara aktif
3. CAG (Computer Assisted Guidance) : Pengarahan berbantuan komputer membantu pemakai dalam pengambilan keputusan
¯  - penggunaan INTERNET
Aplikasi Pengajaran:
CAI (Computer Assisted Instruction)
Jenis Aplikasi CAI :
¯  Latih dan Praktek (Drill and Practice)
Menguji tingkat pengetahuan siswa.
¯  Penjelasan (tutorial)
Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer.
¯  Simulasi
Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
¯  Pemainan (game)
Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.
Aplikasi Program Komputer Dalam Bidang Pendidikan:
   - cd interaktif (materi pelajaran dilengkapi 
     dengan bank soal)
   - cd interaktif (kamus bahasa)
   - cd interaktif (games/permainan 
     pendidikan
   - cd interaktif grafis pendidikan
   - cd tutorial pemrograman
INTERNET:
Fasilitas Internet yang dipakai untuk dunia pendidikan :
-     E-Mail (Surat Elektronik) : one to one communication
-     Mailing List (milis), perluasan penggunaan E-Mail : one to many communication
-     File Transfer Protocol (FTP), digunakan untuk mencari dan mengambil arsif (file) di suatu server.
-   News Group, untuk melakukan komunikasi secara serempak dalam waktu yang sama (real time) lazim disebut konferensi dengan menggunakan fasilitas alat video conferencing :  komunikasi verbal dan non-verbal.
Syarat Internet Pendidikan:
Agar pemanfaatan internet untuk pendidikan dapat berhasil, harus memenuhi syarat dalam hal :
Ø  Faktor Lingkungan yang meliputi institusi/penyelenggara pendidikan dan masyarakat (tekad, kesiapan, kebijakan dan  manajemen).
Ø   Peserta didik meliputi usia, latar belakang, budaya, penguasan bahasa dan berbagai gaya belajar.
Ø  Pendidik meliputi latar belakang, usia, gaya mengajar,  pengalaman dan personality-nya (sebagai pengembang).
Ø   Faktor Teknologi, meliputi komputer, perangkat lunak, jaringan, koneksi ke internet dan berbagai kemampuan yang dibutuhkan berkaitan dengan penerapan internet.
Ada 3 bentuk sistem pemanfaatan pendidikan melalui Internet :
1.     Web Course, ialah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan dan latihan serta ujian sepenuhnya disampaikan melalui Internet. Bentuk ini tidak memerlukan tatap muka, semua proses belajar sepenuhnya melalui fasilitas Internet, dan dilengkapi berbagai sumber belajar digital.
2.   Web Centric Course, sebagian bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan dan latihan disampaikan melalui Internet, sedangkan ujian dan sebagian konsultasi dilakukan secara tatap muka, berupa tutorial,namun persentase tatap muka lebih kecil.
3. Web Enhanced Course, yaitu pemanfaatan internet untuk pendidikan agar menunjang kualitas kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajarnya masih didominasi dengan tatap muka di kelas.

1 komentar: